Info Sekolah
Jumat, 26 Apr 2024
  • Mohon maaf Website Maintenance
  • Mohon maaf Website Maintenance
7 Maret 2024

GEBYAR P5

Kam, 7 Maret 2024 Dibaca 19x Uncategorized

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis, kreatif. 

Salah satu langkah untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. 

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. 

MI Al Irsyad Al Islamiyyah menyelenggarakan kegiatan P5 pada tanggal 13-14 Desember 2023. Berikut adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa/i MI Al Irsyad yakni pembuatan karya, pentas seni, dan bazar. Tema yang diusung pada P5 kali ini adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Yakni menggunakan berbagai barang bekas atau sampah yang sudah tidak terpakai lagi, hingga dirubah menjadi barang-barang yang bermanfaat.

Pelaksanaan pada hari pertama kegiatan P5 diisi oleh penampilan pentas seni oleh kelas 3 hingga kelas 6, Tahfidz, serta perwakilan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler (puisi, pidato 3 bahasa). Sedangkan pada hari kedua diisi oleh penampilan pentas seni dari kelas 1 dan 2, tahfidz, pencak silat, serta penampilan persembahan dari ustadz dan ustadzah.

Wali murid juga tidak ikut ketinggalan untuk memeriahkan acara kegiatan P5, yakni membantu menyiapkan dan memberikan dukungan penuh kepada putra putrinya agar memberikan penampilan yang terbaik. Selain itu juga menyiapkan bazar dengan tema “Nusantara” dengan mengangkat jajanan tradisional Indonesia.

Seluruh siswa/i, ustadz/ah, staf, wali murid, dan warga sekitar menyambut dengan baik kegiatan P5. Sehingga pelaksanaannya berjalan dengan apik. Diharapkan pada kegiatan P5 selanjutnya dapat lebih baik lagi.

Artikel Lainnya

Oleh : administrator

MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)

Oleh : administrator

Tarhib Ramadhan 1445 H

Oleh : administrator

Pray For Palestina

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?