Senin, 28 Nov 2022
  • MI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA MADIUN BERAKHLAK MULIA, UNGGUL DALAM PRESTASI SERTA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN

Pemberian Vaksin HPVbagi Siswa Khusus Perempuan Kelas 5 Di MI Al Irsyad Kota MadiunPemberian Vaksin HPVbagi Siswa Khusus Perempuan Kelas 5 Di MI Al Irsyad Kota Madiun

Pemberian Vaksin HPV bagi Siswa Khusus Perempuan Kelas 5

Di MI Al Irsyad Kota Madiun

 

 

Rabu, 28 September 2022 Sekolah MI Al Irsyad terjadwal mendapatkan kunjungan dari Puskesmas Ngegong. Beberapa Petugas datang ke sekolah pada Rabu pagi jam 08.00 di Kampus 1 Jalan Merapi nomor 6. Kedatangan para petugas untuk memberikan vaksin kepada siswi kelas 5 khusus perempuan, hal ini karena pemberian vaksin HPV merupakan vaksin untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

 

 

Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi human papillomavirus (HPV). Di Indonesia, vaksin HPV dapat diberikan kepada perempuan usia 9–55 tahun dan laki-laki usia 19–26 tahun. Terdapat dua jenis vaksin HPV, yaitu bivalen dan tetravalen. Vaksin HPV bivalen bisa memberikan perlindungan terhadap infeksi virus HPV tipe 16 dan 18, sehingga bisa mencegah kanker serviks.

Vaksin ini bisa diberikan kepada anak-anak yang memasuki masa remaja, baik perempuan maupun laki-laki, serta kepada orang dewasa yang belum pernah atau belum lengkap mendapatkan vaksin HPV.

 

HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, termasuk kutil kelamin. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit penderita, terutama ketika berhubungan seksual. Selain infeksi kulit, virus HPV juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker di bagian belakang tenggorokan, pangkal lidah, amandel, dan di organ kelamin, seperti kanker serviks, vulva, vagina, penis, dan anus.

Atas rekomendasi World Health Organization (WHO), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memasukkan vaksin HPV ke dalam program imunisasi dasar lengkap. Meski tidak dapat mengobati infeksi virus HPV, vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan jumlah kasus kanker genital, terutama kanker serviks. (YS)

 

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR